Mobil
hybrid adalah mobil yang memiliki sistem penggerak ganda, atau disebut
“hybrid” (dalam istilah pertanian hybrid berarti perkawinan silang).
Dalam mobil ini, ada “perkawinan” antara penggerak yang konvensional
yakni dengan bahan bakar bensin dan penggerak dengan energi listrik..
Berikut ini bagannya :
Mobil
Hybrid menggabungkan kedua sumber tenaga, yang dapat dilakukan dengan
dua buah cara yang berbeda yaitu: (1) Hybrid paralel dan (2) Hybrid
seri. Hybrid paralel memiliki tangki BBM yang menyuplai bensin ke mesin.
Hybrid tipe ini juga memiliki baterai yang menyuplai tenaga listrik ke
mesin elektrik. Baik mesin bensin maupun mesin elektrik dapat
menggerakkan transmisi pada saat bersamaan, dan selanjutnya transmisi
akan menggerakkan roda. Pada tipe ini tangki bensin dan mesin gas
terhubung ke transmisi secara independen yang mengakibatkan baik mesin
elektrik dan mesin gas dapat menghasilkan tenaga pendorong.
Cara kerja mesin listrik dengan prinsip regenerative (isi ulang/recharging saat
kendaraan sedang beroperasi) pada mesin hybrid, berbeda dengan mobil
tenaga listrik penuh. Mobil tersebut tidak bisa mengisi ulang
listriknya. Bila listriknya habis, Batterai/aki harus di-charge secara khusus dengan waktu 8 hingga 12 jam (untuk teknologi onboard charger). Khusus mesin hybrid, mesin listriknya bisa mengisi ulang ke aki dengan memanfaatkan energi kinetik saat mengerem (regenerative braking).
Bahkan sebagian energi mesin dari mesin bensin/solar/biofuel saat
berjalan listriknya bisa disalurkan untuk mengisi batterai/aki. Dengan
sistem operasi seperti ini maka akan terjadi penghematan BBM.
Berbeda
dengan hybrid paralel, pada hybrid seri mesin bensin bekerja sebagai
generator yang berfungsi sebagai pembangkit baterai atau tenaga motor
elektrik yang menggerakkan transmisi. Mesin bensin tidak pernah langsung
menjadi tenaga penggerak kendaraan. Sistem kerja pada hybrid series
dimulai dari tangki bensin menyuplai bensin ke mesin gas yang
selanjutnya menyuplai tenaga ke generator, lalu tenaga yang dihasilkan
generator didistribusikan ke baterai dan mesin elektrik. Energi pada
baterai sendiri selain dari generator, juga dihasilkan saat terjadi
pengereman. Tenaga dari mesin elektrik kemudian menggerakkan transmisi
dan selanjutnya menggerakkan roda.
Cara Kerja Mobil Hybrid Paralel
Mesin mobil Hybrid-pararel, gambar di bawah menerangkan bagaimana prinsip dasar cara kerja mesin hybrid-pararel.
Dengan
bantuan kopling otomatis kita dapat memilih mode apa yang akan di
gunakan selama kita mengemudikannya, apakah dengan menggunakan mesin listrik yang
energinya bersumber dari baterai atau mode “energy recovery (pengecasan
baterai)” tanpa menghambat perputaran mesin bensin/diesel yang
berlebihan sewaktu mode “energy recovery ini kita gunakan.
Mesin elektrik dapat kita fungsikan tanpa ketergantungan mesin bensin/diesel yang berarti kita dapat bebas memilih mesin apa yang akan kita gunakan sesuai keinginan kita.
Oleh karena itu mobil Hybrid dapat dikombinasikan dengan mesin yang memiliki kapasitas 3-cylinder sampai yang berkapasitas besar 8-cylinder.
Mesin elektrik dapat kita fungsikan tanpa ketergantungan mesin bensin/diesel yang berarti kita dapat bebas memilih mesin apa yang akan kita gunakan sesuai keinginan kita.
Oleh karena itu mobil Hybrid dapat dikombinasikan dengan mesin yang memiliki kapasitas 3-cylinder sampai yang berkapasitas besar 8-cylinder.
Modus konventional.
Dalam gambar ini menunjukkan mesin Hybrid-pararel
bekerja /bergerak seperti mobil biasa yang menggunakan mesin
bensin/diesel energie dialirkan dari mesin ke roda-roda kendaraan.
Selama proses ini bekerja mesin elektrik dan komponen-komponen pendukungnya dalam keadaan tidak aktif.
Modus elektrik
Dalam kondisi seperti ini mesin elektrik merupakan penggerak utama, energi mesin elektrik bersumber dari baterai dan juga dalam kondisi seperti ini mesin bensin/diesel dalam keadaan mati.
Modus Boosten
Dalam
kondisi seperti ini kendaraan dalam keadaan kecepatan tinggi/memerlukan
energie yang besar sehingga dalam kondisi seperti ini baik mesin elektrik dan mesin bensin/diesel bekerja dalam waktu yang bersamaan. Dalam kondisi seperti ini mesin elektrik mendapat suplai energi listrik dari baterai.
Modus energy recovery
ketika kendaraan melakukan pengereman dengan bantuan mesin elektrik saat itu juga mesin elektrik dapat
kita sebut sebagai generator yang menghasilkan energie listrik .Konsep
ini sama seperti lampu sepeda yang menggunakan energie listrik dengan
bantuan perputaran roda atau turbin pada bendungan yang merubah energi
gerak menjadi energi listrik. Energie listrik yang dihasilkan selama
pengereman kemudian disimpan di baterai. Dalam kondisi ini Kopling
otomatis dalam kondisi bebas sehingga perputaran mesin bensi/diesel
tidak mengalami gangguan atau hambatan.
Modus Energy saving
Dalam
kondisi ini mesin bensin/diesel berputar dengan putaran mesin yang
tinggi saat itu pula sebagian kecil energie gerak yang dihasilkan dari
perputaran mesin yang tinggi di manfaatkan oleh mesin elektrik yang
berfungsi juga sebagai generator (penghasil listrik) yang kemudian di
simpan ke baterai dan sebagian besar energi gerak di salurkan langsung
ke roda kendaraan.