Pada mobil yang menggunakan bahan bakar sebagai sumber tenaga, pasti
menghasilkan panas. Hal tersebut normal, yang tidak normal adalah bila
panas tersebut menjadi terlalu panas sehingga dapat menggangu kinerja
mesin (overheating). Ciri-ciri overheating adalah knocking atau
menggelitik sampai dengan mesin mobil menjadi mati. Idealnya mesin mobil
bekerja pada suhu 80-90 derajat celcius, dibawah itu juga tidak bagus
karena mesin menjadi terlalu dingin atau overcooling dan kerja mesin
menjadi tidak efisien. Dan jelas kuncinya ada di perawatan, berikut ini
adalah komponen-komponen yang harus diperhatikan dan dirawat pada sistem
pendinginan mobil.
1. Waterpump
, waterpump atau pomp air bertugas
menyalurkan air dari radiator ke mesin dan dari mesin ke radiator.
Biasanya terbuat dari alumunium, dan ditempatkan di bagian kepala
silinder. Komponen ini dapat rusak dikarenakan kualitas coolant dan air
yang tidak bagus dan kotor sehingga dapat menghambat pergerakan laher
kipas didalamnya. Waterpump ini juga dapat rusak dikarenakan adanya
korosi atau karat yang tentu juga dipengaruhi oleh kualitas air. Jadi
kuncinya adalah pada kualitas air supaya komponen ini terjaga
keawetannya.
2. Radiator
Radiator ini merupakan tempat dimana air
didinginkan menggunakan jasa hembusan angin dari depan. Makanya letaknya
biasanya didepan moncong mobil, komponen ini terbuat dari aluminium
atau tembaga dengan banyak sekat dan didalamnya terdapat puluhan jalur
air. Sekat fungsinya untuk menangkap angin dan jalur air yang banyak
supaya air lebih terpecah dan cepat didinginkan. Pada komponen inilah
air dari mesin yang panas disalurkan ke radiator dan setelah dingin
kembali masuk kedalam mesin dengan bantuan pompa air. Untuk perawatan
cukup mengecek volume air pada radiator sebelum pergi dan pada saat
mobil masih dingin, contohnya pada pagi hari. Pastikan air tidak
berkurang bila berkurang segera ditambahkan, tetapi bila setiap hari
berkurang sekitar 1 liter patut diwaspadai radiator bocor atau jalur air
di mesin ada yang bocor.
3. Radiator Fans
Dipasang di belakang radiator pada sisi paling dekat ke
mesin adalah satu atau dua kipas listrik di dalam perumahan yang
dirancang untuk melindungi jari-jari dan untuk mengarahkan aliran
udara.
Ini fans yang ada untuk menjaga aliran udara melalui radiator saat
kendaraan akan lambat atau berhenti dengan mesin menyala. Jika ini fans
berhenti bekerja, setiap kali Anda berhenti, suhu mesin akan mulai
naik. Pada sistem lama, kipas terhubung ke depan pompa air dan akan
berputar setiap kali mesin itu berjalan karena digerakkan oleh sabuk
kipas bukan sebuah motor listrik. Dalam kasus ini, jika driver akan
melihat mesin mulai berjalan panas di berhenti dan pergi mengemudi,
pengemudi mungkin menempatkan mobil di netral dan putaran mesin untuk
menghidupkan kipas angin cepat yang membantu mendinginkan mesin.
Racing mesin pada mobil dengan kipas listrik rusak hanya akan membuat
hal-hal buruk karena Anda memproduksi lebih panas di radiator tanpa
kipas untuk mendinginkan it off.
Para
penggemar listrik dikendalikan oleh komputer kendaraan. Sebuah sensor
suhu memonitor suhu mesin dan mengirimkan informasi ini ke komputer.
Komputer menentukan apakah kipas harus diaktifkan dan menggerakkan
relay kipas jika aliran udara tambahan melalui radiator diperlukan.
Jika
mobil memiliki AC, ada radiator tambahan dipasang di depan radiator
yang normal. Ini "radiator" disebut kondensor AC, yang juga perlu
didinginkan oleh aliran udara yang masuk ke kompartemen mesin. Anda
dapat mengetahui lebih lanjut tentang kondensor AC dengan pergi ke
artikel kami di >penyejuk udara Otomotif Selama AC dihidupkan,
sistem akan tetap kipas berjalan, bahkan jika mesin tidak berjalan
panas. Hal ini karena jika tidak ada aliran udara melalui kondensor
AC, pendingin udara tidak akan mampu untuk mendinginkan udara yang
masuk interior.
3. Tekanan Topi dan Cadangan Tangki
Sebagai pendingin menjadi panas, mengembang. Karena sistem pendingin tertutup, ekspansi ini menyebabkan peningkatan tekanan dalam sistem pendingin, yang normal dan bagian dari desain. Ketika pendingin berada di bawah tekanan, suhu di mana cairan mulai mendidih jauh lebih tinggi. Tekanan ini, ditambah dengan titik didih lebih tinggi dari etilena glikol, memungkinkan pendingin untuk mencapai suhu aman lebih dari 250 derajat.
Tutup tekanan radiator
adalah perangkat sederhana yang akan mempertahankan tekanan dalam
sistem pendinginan sampai titik tertentu. Jika tekanan menumpuk lebih
tinggi dari titik tekanan yang ditetapkan, ada katup pegas dimuat,
dikalibrasi dengan benar Pounds per inci persegi (psi), untuk
melepaskan tekanan.
Ketika tekanan sistem pendingin mencapai titik di mana topi perlu
rilis ini tekanan berlebih, sejumlah kecil pendingin berdarah off. Ini
bisa terjadi selama berhenti dan pergi lalu lintas di hari yang sangat
panas, atau jika sistem pendingin yang rusak. Jika tidak melepaskan
tekanan pada kondisi ini, ada sistem di tempat untuk menangkap
pendingin dirilis dan menyimpannya dalam tangki plastik yang biasanya
tidak bertekanan. Karena sekarang ada pendingin kurang dalam sistem,
sebagai mesin dingin vakum parsial terbentuk. Tutup radiator pada
sistem tertutup ini memiliki katup sekunder untuk memungkinkan vakum
dalam sistem pendingin pendingin untuk menarik kembali ke radiator dari
tangki cadangan (seperti menarik plunger kembali jarum suntik)
Biasanya ada tanda-tanda di sisi tangki plastik ditandai
Kendali-Dingin, dan Full Hot. Ketika mesin pada suhu operasi normal,
pendingin dalam tangki cadangan tembus harus sampai ke garis
Kendali-Hot. Setelah mesin telah duduk selama beberapa jam dan dingin
untuk menyentuh, pendingin harus di garis Kendali-Dingin.
4. Pompa air
Sebuah pompa air adalah perangkat sederhana yang akan membuat pendingin bergerak selama mesin berjalan. Hal ini biasanya dipasang di bagian depan mesin dan ternyata setiap kali mesin berjalan. Pompa air yang digerakkan oleh mesin melalui salah satu dari berikut:
- Sebuah sabuk kipas yang juga akan bertanggung jawab untuk mengemudi komponen tambahan seperti alternator atau pompa power steering
- Sebuah sabuk ular, yang juga drive alternator, daya pompa steering dan kompresor AC antara lain.
- Timing belt yang juga bertanggung jawab untuk mengemudi satu atau lebih camshafts.
Pompa air terdiri dari perumahan,
biasanya terbuat dari besi cor atau aluminium cor dan impeller
dipasang pada poros berputar dengan katrol poros melekat pada bagian
luar tubuh pompa. Sebuah segel menjaga cairan dari bocor keluar dari
perumahan melewati poros pompa berputar. Impeller menggunakan gaya
sentrifugal untuk menarik pendingin dalam radiator dari selang bawah
dan mengirimkannya bawah tekanan ke dalam blok mesin. Ada gasket
untuk menutup pompa air ke blok mesin dan mencegah pendingin mengalir
dari bocor keluar mana pompa terpasang untuk memblokir ..
5. Termostat
Thermostat hanyalah sebuah katup yang mengukur suhu pendingin dan, jika itu cukup panas, terbuka untuk memungkinkan pendingin mengalir melalui radiator. Jika pendingin tidak cukup panas, aliran ke radiator diblokir dan cairan diarahkan ke sistem bypass yang memungkinkan pendingin untuk kembali langsung kembali ke mesin. Sistem pendingin memotong memungkinkan untuk terus bergerak melalui mesin untuk menyeimbangkan suhu dan menghindari hot spot. Karena mengalir ke radiator diblokir, mesin akan mencapai suhu operasi lebih cepat dan, di hari yang dingin, akan memungkinkan pemanas untuk mulai memasok udara panas ke pedalaman lebih cepat.
Sejak tahun 1970, termostat telah dikalibrasi untuk menjaga suhu
pendingin di atas 192-195 derajat. Sebelum itu, 180 derajat termostat
adalah norma. Ditemukan bahwa jika mesin yang diperbolehkan untuk
berjalan pada suhu panas, emisi berkurang, uap air kondensasi di dalam
mesin cepat dibakar memperpanjang umur mesin, dan pembakaran yang lebih
lengkap yang meningkatkan ekonomi bahan bakar.
Inti
dari termostat adalah secangkir tembaga disegel yang berisi lilin dan
pelet logam. Sebagai termostat memanas, lilin panas mengembang,
mendorong piston terhadap tekanan pegas untuk membuka katup dan
membiarkan pendingin beredar.
Thermostat
biasanya terletak di bagian, bagian atas depan mesin di perumahan
outlet air yang juga berfungsi sebagai titik koneksi untuk selang
radiator atas. Perumahan termostat menempel pada mesin, biasanya dengan
dua baut dan gasket untuk menutup melawan kebocoran. Paking biasanya
terbuat dari kertas tebal atau karet cincin O digunakan. Dalam beberapa
aplikasi, tidak ada gasket atau seal karet. Sebaliknya, manik-manik
tipis silikon sealer khusus diperas dari tabung untuk membentuk segel.
Ada
keyakinan keliru oleh sebagian orang bahwa jika mereka menghilangkan
thermostat, mereka akan mampu memecahkan sulit untuk menemukan masalah
overheating. Ini tidak bisa lebih jauh dari kebenaran. Menghapus
termostat akan memungkinkan sirkulasi pendingin tidak terkendali dari
seluruh sistem. Hal ini dimungkinkan untuk pendingin untuk bergerak
begitu cepat, bahwa itu tidak akan benar didinginkan karena ras melalui
radiator, sehingga mesin dapat berjalan lebih panas dari sebelumnya
dalam kondisi tertentu. Lain kali, mesin tidak akan pernah mencapai
suhu operasi. Pada kendaraan yang dikendalikan komputer, komputer
monitor suhu mesin dan mengatur penggunaan bahan bakar berdasarkan suhu
tersebut. Jika mesin tidak pernah mencapai suhu operasi, ekonomi bahan
bakar dan kinerja akan menderita jauh.
6. Sistem Bypass
Ini adalah bagian yang memungkinkan pendingin untuk memotong radiator dan kembali langsung kembali ke mesin. Beberapa mesin menggunakan selang karet, atau tabung baja tetap. Di mesin lain, ada cast dalam bagian dibangun ke dalam pompa air atau depan perumahan. Dalam kasus apapun, ketika termostat tertutup, pendingin diarahkan untuk melewati ini dan disalurkan kembali ke pompa air, yang mengirimkan pendingin kembali ke mesin tanpa didinginkan oleh radiator.
7. Freeze Plug
Ketika sebuah blok mesin diproduksi, pasir khusus dibentuk untuk bentuk bagian pendingin di blok mesin. Ini patung pasir diposisikan di dalam cetakan dan besi atau aluminium cair dituang untuk membentuk blok mesin. Ketika casting didinginkan, pasir dilepas dan dikeluarkan melalui lubang di blok mesin pengecoran meninggalkan bagian-bagian yang pendingin mengalir melalui. Jelas, jika kita tidak menyumbat lubang ini, pendingin akan mencurahkan langsung keluar.
Memasukkan lubang ini adalah tugas dari plug-beku keluar. Ini plugs
adalah baja cakram atau cangkir yang tekan masuk dalam lubang di sisi
blok mesin dan biasanya terakhir kehidupan dari mesin tanpa masalah.
Tapi ada alasan mereka disebut beku-out plugs. Pada hari-hari awal,
banyak orang menggunakan air biasa dalam mesin mereka, biasanya setelah
mengganti selang pendingin pecah atau memperbaiki sistem lainnya.
"Ini adalah musim panas dan saya akan menggantikan air dengan antibeku
ketika cuaca mulai berubah".
Tak
perlu dikatakan, orang yang pelupa dan banyak motor mengalami nasib
pembekuan air di dalam blok. Sering kali, ketika ini terjadi tekanan
dari pembekuan air dan memperluas memaksa beku-keluar colokan untuk pop
keluar, menghilangkan tekanan dan menyimpan blok mesin dari cracking.
(Meskipun, seperti yang sering mesin retak pula). Alasan lain untuk
colokan untuk gagal adalah fakta bahwa mereka terbuat dari baja dan
akan dengan mudah karat melalui jika pemilik kendaraan ceroboh tentang
menjaga sistem pendingin. Inhibitor karat antibeku telah di rumus
untuk mencegah hal ini terjadi, tapi bahan kimia tersebut akan
kehilangan efeknya setelah 3 tahun, yang mengapa antibeku perlu diubah
secara berkala. Kenyataan bahwa sebagian orang meninggalkan air biasa
dalam mesin mereka sangat mempercepat karat ini busi membeku.
Ketika
plug beku menjadi begitu berkarat itu perforates, Anda memiliki
kebocoran pendingin yang harus diperbaiki dengan mengganti steker keluar
membekukan berkarat dengan yang baru. Pekerjaan ini berkisar dari
cukup mudah untuk sangat sulit tergantung pada lokasi dari plug beku
terpengaruh. Freeze plugs terletak di sisi mesin, biasanya 3 atau 4 per
sisi. Ada juga membekukan colokan di belakang mesin pada beberapa
model dan juga pada kepala.
Selama Anda baik tentang menjaga sistem pendingin, Anda tak perlu khawatir tentang ini colokan gagal pada kendaraan modern
8. Kepala Paking Gasket Intake Manifold
Semua mesin pembakaran internal memiliki blok mesin dan satu atau dua kepala silinder. Permukaan kawin dimana blok dan kepala bertemu adalah mesin datar untuk dekat, cocok presisi, tetapi tidak ada jumlah mesin yang teliti akan memungkinkan mereka untuk benar-benar ketat atau air dapat menahan gas pembakaran dari masa lalu melarikan diri permukaan kawin.
Dalam
rangka untuk menutup blok ke kepala, kita menggunakan paking kepala.
Gasket kepala memiliki beberapa hal yang dibutuhkan untuk menutup
melawan. Hal utama adalah tekanan pembakaran pada silinder
masing-masing. Minyak dan pendingin harus mengalir dengan mudah antara
blok dan kepala dan itu adalah tugas dari paking kepala untuk menjaga
cairan dari bocor keluar atau ke dalam ruang pembakaran, atau satu sama
lain dalam hal ini.
Sebuah
paking kepala khas biasanya terbuat dari lembaran logam yang lembut
yang dicap dengan pegunungan yang mengelilingi semua titik kebocoran.
Ketika kepala ditempatkan di blok, paking kepala terjepit di antara
mereka. Banyak baut, baut yang disebut kepala disekrup dan diperketat
bawah menyebabkan paking kepala untuk menghancurkan dan membentuk segel
ketat antara blok dan kepala.
Gasket kepala biasanya gagal jika mesin terlalu panas untuk jangka
waktu yang berkelanjutan menyebabkan kepala silinder melengkung dan
melepaskan tekanan pada paking kepala. Hal ini paling umum pada mesin
dengan kepala aluminium cor, yang sekarang hampir semua mesin modern.
Setelah
pendingin atau pembakaran gas bocor masa lalu paking kepala, bahan
paking biasanya yang rusak ke titik di mana ia tidak akan lagi memegang
segel. Hal ini menyebabkan kebocoran di daerah beberapa kemungkinan.
Sebagai contoh:
- pembakaran gas bisa bocor ke saluran pendingin menyebabkan tekanan yang berlebihan dalam sistem pendingin.
- pendingin bisa bocor ke ruang pembakaran menyebabkan pendingin untuk melarikan diri melalui sistem pembuangan, sering menyebabkan awan putih asap di knalpot.
- Masalah lain seperti minyak pencampuran dengan pendingin atau dibakar keluar knalpot juga mungkin.
Beberapa mesin lebih rentan
terhadap kegagalan kepala paking daripada yang lain. Saya telah melihat
gasket kepala ditiup pada mesin yang baru mulai terlalu panas dan
berjalan panas kurang dari 5 menit. Saran terbaik yang bisa saya
berikan adalah, jika mesin menunjukkan tanda-tanda overheating, mencari
tempat untuk menepi dan menutup mesin off secepat mungkin.
Kepala
gasket sendiri relatif murah, tetapi tenaga kerja yang pembunuhnya.
Sebuah penggantian paking kepala khas adalah pekerjaan beberapa jam di
mana bagian atas mesin harus benar-benar dibongkar. Pekerjaan ini dapat
dengan mudah mencapai, 000 atau lebih.
Pada
mesin tipe V, ada dua kepala, yang berarti dua gasket kepala.
Sementara tenaga kerja tidak akan ganda jika kedua gasket kepala perlu
diganti, mungkin akan menambah tenaga 30% lebih baik untuk menggantikan
keduanya. Jika hanya satu paking kepala telah gagal, biasanya tidak
perlu mengganti kedua, tetapi dapat ditambahkan asuransi untuk
mendapatkan keduanya dilakukan sekaligus.
Sebuah
penggantian paking kepala dimulai dengan diagnosis bahwa paking kepala
telah gagal. Tidak ada cara bagi seorang teknisi untuk mengetahui
secara pasti apakah ada kerusakan tambahan pada kepala silinder atau
komponen lain tanpa terlebih dahulu membongkar mesin. Yang ia tahu
adalah bahwa cairan dan / atau pembakaran tidak sedang mengandung.
Salah
satu cara untuk mengetahui apakah paking kepala telah gagal adalah
melalui tes kebocoran pembakaran pada radiator. Ini adalah uji kimia
yang menentukan jika ada pembakaran gas dalam pendingin mesin. Cara
lain adalah dengan menghapus busi dan engkol mesin saat menonton untuk
menyemprotkan air dari satu atau lebih lubang busi. Setelah teknisi
telah menentukan bahwa paking kepala harus diganti, perkiraan diberikan
untuk suku cadang dan tenaga kerja. Teknisi kemudian akan menjelaskan
bahwa mungkin ada biaya tambahan setelah mesin dibuka jika kerusakan
lebih ditemukan.
9. Heater Inti
Pendingin panas juga digunakan untuk menyediakan panas untuk interior kendaraan bila diperlukan. Ini adalah sistem sederhana dan lurus ke depan yang meliputi inti pemanas, yang terlihat seperti kecil versi radiator, terhubung ke sistem pendingin dengan sepasang selang karet. Satu selang pendingin membawa panas dari pompa air ke inti pemanas dan selang lainnya pendingin kembali ke atas mesin. Biasanya ada katup kontrol pemanas di salah satu selang untuk memblokir aliran pendingin ke dalam inti pemanas ketika penyejuk udara maksimum disebut untuk.
Sebuah kipas, disebut
blower, menarik udara melalui inti pemanas dan mengarahkan melalui
saluran pemanas untuk interior mobil. Suhu panas diatur oleh sebuah
pintu yang mencampur campuran dingin udara luar, atau kadang-kadang
udara AC dengan udara panas datang melalui inti pemanas. Pintu ini
campuran memungkinkan Anda untuk mengontrol suhu udara yang datang ke
pedalaman. Pintu lain memungkinkan Anda untuk mengarahkan udara hangat
melalui saluran-saluran di lantai, saluran defroster di dasar kaca
depan, dan saluran AC terletak di panel instrumen.
10. Selang
Ada beberapa selang karet yang membentuk pipa untuk menghubungkan komponen-komponen sistem pendingin. Selang utama disebut selang radiator atas dan bawah. Kedua selang sekitar 2 inci dan diameter pendingin langsung antara mesin dan radiator. Dua selang tambahan, disebut selang pemanas, pendingin pasokan panas dari mesin ke inti pemanas. Ini selang sekitar 1 inci diameter. Salah satu selang mungkin memiliki katup kendali pemanas dipasang di garis untuk memblokir pendingin panas dari memasuki inti pemanas ketika AC diatur untuk max-dingin. Sebuah selang kelima, disebut selang bypass, digunakan untuk mengedarkan pendingin melalui mesin, melewati radiator, ketika termostat ditutup. Beberapa mesin tidak menggunakan selang karet. Sebaliknya, mereka mungkin menggunakan tabung logam atau memiliki bagian built-in di perumahan depan.
Ini
selang dirancang untuk menahan tekanan di dalam sistem pendingin.
Karena ini, mereka tunduk terhadap keausan dan akhirnya mungkin
memerlukan penggantian sebagai bagian dari perawatan rutin. Jika karet
mulai terlihat kering dan pecah-pecah, atau menjadi lembut dan
berespon, atau Anda melihat beberapa balon di ujungnya, sekarang
saatnya untuk menggantikan mereka. Selang radiator utama biasanya
dibentuk untuk bentuk yang dirancang untuk mengusir selang sekitar
hambatan tanpa uji puntir. Ketika membeli penggantian, pastikan bahwa
mereka dirancang untuk memenuhi kendaraan.
Ada
selang karet kecil yang membentang dari leher botol radiator cadangan.
Hal ini memungkinkan pendingin yang dilepaskan oleh topi tekanan untuk
dikirim ke tangki cadangan. Ini selang karet adalah sekitar seperempat
inci dengan diameter dan biasanya bukan bagian dari sistem bertekanan.
Setelah mesin dingin, pendingin ditarik kembali ke radiator dengan
selang yang sama.